share about tips


2009-08-24

Tips Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa

. 2009-08-24
9 comments

Oke, berhubung sekarang lagi bulan Ramadhan dan waktunya kaum muslim menunaikan ibadah puasa. Pendi punya satu informasi/tips berguna buat kalian yang berpuasa, khususnya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran anda. Ketika berpuasa tentu saja asupan energi dari makanan berkurang karena kita tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Tetapi aktivitas yang kita lakukan masih sama dengan ketika kita tidak berpuasa. Belum lagi ditambah cuaca yang lagi bener-bener gak stabil, panas - dingin, hujan - kemarau sudah tidak jelas jadwalnya. Maka dari itu, perlu sangat diperhatikannya masalah asupan gizi untuk energi dan kestabilan tubuh kita. Jangan sampai tidak seimbang antara input dengan output. Ntar bukannya berpuasa untuk kesehatan tapi malah sakit. Jadi gak puasa donk, gak dapet pahala brarti. repot dah... T_T
Baiklah, gak perlu kebanyakan nulis yang gak perlu. Semangat pokoknya kalo masalah makanan. To the point langsung saja... Check it out!!

1. Makan Sahur
Satu hal yang sebenarnya paling penting walaupun ini sunnah. Saya yakin pasti beberapa diantara kalian meremehkan hal ini, alias mengabaikan untuk sahur karena mungkin terlalu malas beranjak dari tempat tidur. Ini nih problem utama yang bisa menimbulkan kondisi badan down yang ujungnya sakit saat puasa. Supaya tetap segar dalam sehari sampai berbuka, menu makan sahur sebaiknya adalah makanan yang mudah dicerna dan Tinggi Kalori Tinggi Protein. Menu sahur tersebut, diperkirakan cukup untuk energi 12 jam. Adapun sisa dua jam diperoleh dari cadangan gula yang disimpan di hati, lemak dan otot. Juga diusahakan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi.

2. Pilihlah makanan yang tepat saat berbuka puasa
Menu yang dipilih pada saat berbuka sebaiknya terdiri dari makanan pembuka berupa minuman atau makanan manis, seperti kolak pisang, kurma atau teh manis. (kalo pendi bisanya ditambah senyuman manisnya Mamah ^_^ )
Karena Makanan manis mengandung karbohidrat sederhana yang akan mudah diserap dan segera menaikkan kadar gula darah. Setelah shalat magrib kemudian dilanjutkan dengan makan makanan pelengkap seperti nasi atau pengganti nasi, lauk-pauk, sayuran dan buah.

3. Jangan langsung makan dan minum minuman dingin yang mengandung es
Hindarilah langsung mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin yang mengandung es saat buka puasa. Sebaiknya, biasakan berbuka dengan minuman yang hangat. Perut yang kosong bisa menjadi kembung, bila langsung berbuka puasa dengan air dingin. Usahakan jumlah cairan yang masuk mencukupi (1-2 liter) sehingga tidak mengalami dehidrasi (kekurangan cairan). Dan jangan lupa berdoa terlebih dahulu sebelum minum untuk membatalkan puasa, karena Air itu Hidup !
Khasiatnya akan lebih baik setelah didoakan, karena strukturnya berubah menjadi berbentuk kristal. Believe or not?! You must believe ! hehe... Bisa anda baca pada postingan saya sebelumnya.

4. Konsumsi Vitamin
Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C. Bila perlu ditambah dengan suplemen multivitamin jika buah-buahan dan sayuran kurang mencukupi untuk dikonsumsi. Ini fitur tambahan buat menjaga kesehatan agar lebih optimal.

5. Olahraga kecil
Jangan tinggalkan olahraga. Menjalankan puasa bukan berarti berhenti total berolahraga untuk bermalas malasan dan tidur siang terlalu lama. Justru aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo. Namun untuk yang satu ini, pilihlah olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki, fitnes ringan juga pilihan yang tepat. Sekalian ngabuburit. Semoga tips kecil ini berguna bagi Anda.

Sebagian informasi diambil dari www.konsultasikesehatan.net


Lihat juga artikel mengenai jenis makanan peningkat daya ingat : ......................

Read More »»

2009-08-19

Shopwiki the online shopping solution

. 2009-08-19
5 comments

Sometime, we are too lazy to hang out to find something to buy. Maybe its because too far to the store you want to visit. Or you are not sure about quality and competitive price they offered, because have less information to compare with another product. Now, i will let you know about shopwiki site. This is the solution, shopwiki will help us to solve this problem. It is site that like search engine. It works to find online shopping site from around the world. It has very complete information and link to find your daily needs. If you confuse about things that you would to buy, you can compare to another store or products inside it, because shopwiki is online shopping store directory.

Moreover, it has complete about computer store. Like variety of software, hardware, destkop computer, laptop, gadget etc. You want to buy computer?And you confuse with the blooming computer destkop? Which one you should purchase? Of course you just need to click or write keyword on seachbox 'destkop computers'. The list will appear many choice from many store. And you want looking for hardware to optimized your computer? Especially for gaming, you need better monitor to support the graphic. There are many kinds of computer monitors available. They have a choice between flat-panel/LCD and traditional (cathode ray tube or CRT) monitors. There are also some tips on choosing the right monitor for your computer.

To complete your pleasure in front of computer. Because Surround sound for computer rooms is becoming more popular, as the sound quality is getting more impressive. So, dont forget to choose the best speaker. They have perfect pick list of speaker for your intended uses. Such as for listening music or watching movies and playing games. Dont worry about the price, it provided the best quality for the best price.

It also for laptop. Looking the best deal for your new laptop? And looking the best choice from your maximum buidget? They provides many great source for that, such as Dell, Toshiba, HP, Apple etc. And their related product that you looking for. So you can compare the best product you want to buy. Because it has top picks that related for your intended uses.

The one thing that make me said...wow, is this site included about more than 30.000 online stores. Its really the best online shoping solution.

Read More »»

2009-08-16

Jenis Makanan Peningkat Daya Ingat

. 2009-08-16
5 comments

Berhubung topik blog pendi yang berjudul otak untuk belajar, menulis dan membaca bersama serta berbagi tips dan informasi, juga untuk melengkapi postingan sebelumnya yang berjudul Tips trik meningkatkan daya ingat. Kali ini saya akan melengkapi postingan tersebut yakni Jenis Makanan Peningkat Daya Ingat. Karena menurut saya, tips yang paling mudah diterapkan dan mendasar adalah dengan asupan gizi yang benar untuk otak kita agar tetap bugar.

Inilah hasil rangkuman Setelah mengumpulkan informasi sana sini di om google.

Berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan berkaitan dengan nutrisi untuk otak :

1. Protein

protein dibutuhkan untuk membuat senyawa kimia neutrotransmiter pada otak anda berfungsi secara optimal. Kendati protein tidak bisa diubah langsung menjadi glukosa sebagai bahan energi, protein diurai di pencernaan menjadi asam amino, yang merupakan bahan dasar neurotransmitter. Hal ini anda tidak berarti harus makan banyak protein atau protein dapat membuat anda jadi lebih pintar, namun tanpa protein fungsi mental anda akan menurun.

2. Karbohidrat


Dalam sebuah penelitian di MIT, peneliti memberikan kepada 40 pria usia 18 hingga 28 tahun makan siang berupa daging ayam kalkun (mengandung 3 ons protein) Setelah itu mereka diminta melakukan penelitian berpikir yang cukup rumit. Pada hari yang lain, mereka diberikan makanan yang terbuat dari empat ons gandum-hampir karbohidrat murni-dan diminta melakukan pekerjaan serupa. Para peneliti tidak terkejut, peserta tes menunjukan pengurangan kinerja mental setelah menemukan makanan berkabohidrat.

Dari hasil penelitian ini bukan berarti anda menghentikan sama sekali asupan karbohidrat untuk tubuh, apalagi kita orang Indonesia, kan tidak mungkin jika tidak makan nasi. Karena makanan berkabohidrat memiliki efek positif yang berbeda bagi tubuh . Makanan berkarbohidrat sangat baik jika anda ingin santai, relaks, dan dapat meredakan stress.

Anda dapat menyiasati agar karbohidrat tidak anda coret dalam daftar menu makanan anda : anda boleh makan makanan berkarbohidrat pada pagi hari seperti nasi, tapi pada siang hari sebaiknya anda makan makanan berprotein tinggi seperti ikan atau ayam untuk menjaga kewaspadaan mental anda.

3. Lemak

Lemak terbagi menjadi dua yakni lemak jahat dan lemak baik. Dalam meneliti efek makanan berlemak dalam pembelajaran, Dr. Carol Greenwod, profesor gizi daari Univ Toronto, Kanada dan rekan rekannya membandingkan tiga kelompok hewan yang diberi makan tiga jenis makanan berbeda. Kelompok pertama makanan nya kaya akan lemak tak jenuh dari minyak kedelai; kelompok kedua makanannya kaya akan minyak jenuh dan lemak babi; dan kelompok ketiga makan makanan standar dan berfungsi sebagai kelompok kontrol. Para peneliti menguji kemampuan hewan untuk belajar 21 hari setelah pembagian jenis makanan dimulai dan menemukan bahwa hewan yang makan lemak tak jenuh dari minyak kedelai tidak hanya belajar 20% lebih cepat, namun juga tidak mudah melupakan apa yang mereka pelajari.

Artinya yang diperlukan otak adalah mengonsumsi lemak tak jenuh secara seimbang seperti lemak yang ditemukan dalam bunga matahari, jagung, minyak zaitun, atau minyak kedelai dan pada makanan seperti avokad, kacang dan ikan.

Megapa mengonsumsi makanan lemak tinggi tidak baik untuk kesehatan?
  • Menguraikan lemak merupakan kerja keras bagi tubuh dan membutuhkan waktu lebih lama daripada zat gizi lainnya.
  • Untuk melakukan metabolisme lemak, darah dialrkan dari organ lain ke pencernaan sehingga aliran darah ke otak menjadi berkurang , dan ini menjelaskan mengapa menjadikan penurunan konsetrasi.
  • Makanan berlemak tinggi dpat menyebabkan peningkatan risiko penyakit - penyakit fatal, seperti jantung, stroke, kanker dan juga memperlambat proses berpikir.
4. Kafein

Meskipun kopi merupakan simultan otak, kopi juga mengurangi aliran darah ke otak. Inilah sebabnya kafein digunakan untuk terapi migrain karena kopi membantu menyempitkan pembuluh darah yang terlalu berkembang di otak. Tidak ada keraguan bahwa minuman berkafein meningkatkan kewaspadaan mental yang mampu bertahan hingga enam jam. Namun, bagaimanapun juga konsumsi yang tidak berlebnihan merupakan jalan terbaik.

5. Gula

Kombinasi yang seimbang antara glukosa (terdapat dalam biskuit atau keripik) dan fruktosa (buah buahan) sangat dibutuhkan oleh otak karena dapat melewati penghalang darah dalam otak.

6. Suplemen Makanan

Dalam dunia yang sempurna, suplemen tidak akan dibutuhkan. Kita semua akan makan makanan alami yaitu makanan organik yang tidak mengalami proses penambahan zat pengawet dan tercemar polusi. Namun, makanan pada saat ini lebih bergantung pada makanan cepat saji (fast food) dengan proses teknologi tinggi dan lingkungan disekitar kita banyak tercemar oleh berbagai zat polusi, asupan nutrisi rata - rata orang berkurang secara signifikan. Memperkaya makanan anda dengan suplemen gizi akan membantu Anda mendapatkan nutrisi optimal. Sebagian orang melaporkan peningkatan energi dan konsentrasi pikiran setelah mengkonsumsi suplemen. Mereka juga menemukan bahwa tingkat kewaspadaan mental tersebut dapat dipertahankan lebih lama meskipyun waktu tidur dikurangi. Hal ini disesuaikan dengan keinginan untuk mengikuti dan berpacu dalam kemajuan zaman.

7. Vitamin dan mineral pembangun Otak

Vitamin mempunyai peranan kunci dalam metabolisme otak. Banyak penelitian menunjukan bahwa kekurangan vitamin merupakan masalah umum dikalanganmereka yang menderita penyakit mental dan manula. Kekurangan vitamin dalam taraf ringan pun dapat menyebabkan depresi dan gangguan semangat.
  • Vitamin A merupakan anti oksidan yang penting dan diperlukan untuk pengembangan sistem saraf pada embrio.
  • Vitamin B apabila tidak dikonsumsi secara mencukupi dapat menyebabkan depresi, penurunan intelektualitas, dan bahkan penyakit jiwa. Vitamin B penting untuk fungsi mental karena berfungsi sebagai katalis agar reaksi kimia dalam sel otak dapat terjadi. Kekurangan vitamin B kompleks, terutama B-1, B-3, dan B-12 dapat menurunkan kinerja ingatan.
  • Vitamin C membantu otak anda menyerap protein untuk membentuk neurotransmitter yang menjadi bagian integral dalam proses berpikir dan mengingat. Semakin rendah kadar vitamin C dalam darah, semakin buruk skor peserta tes dalam kemampuan ingatan jangka pendek dan kemampuan memecahkan masalah.
  • Vitamin E penting untuk menyuplai oksigen pada otot dan melindungi otak dari efek merusak radikal bebas dan proses penuaan . Penelitian terdahulu menunjukan vitamin E dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.
Menurut penelitian, setidaknya ada tiga mineral yang berperan penting dalam fungsi memori, yaitu boron, seng dan magnesium. Sebagai tambahan, mangan, besi, kalsium, tembaga dan selenium pada beberapa kasus juga mempengaruhi kemampuan belajar.

8. Asam Amino

Dalam tubuh manusia ada 20 jenis asam amino yang memebentuk protein ; 12 diantaranya dapat diproduksi tubuh dan dikenal sebagai asam amino non-esensisal, sementara 8 asam amino lain yang merupakan asam amino esesnsial harus didapatkan dari makanan (suplemen). Berikut ini 3 asam amino yang penting untuk dikonsumsi :
9. Ginko Biloba

Merupakan tumbuhan tertua yang diketahui manusia, yang dapat meningkatkan ingatan pada orang dewasa sehat dan mengembalikan fungsi ingatan pada pasien dengan gangguan otak kronis. Diminum dalam bentuk ekstrak dan sekarang ada juga yang telah berbentuk tablet yang dapat mudah dibeli. Ini dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang berarti lebih banyak nutrisi dan oksigen yang dipasok ke otak sehingga kemampuannya meningkat.

Read More »»
 

Chat

{nama-blog-anda} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com