share about tips


2011-03-21

Tips menjadi pribadi yang beruntung dan positif thinking

. 2011-03-21
1 comments

Sebagian orang mempercayai keberuntungan dalam hidup dan kesialan dalam hidup. Jika anda berpikir positip tentang kalimat tersebut tentu saja akan menanggapinya dengan kata-kata : “ ya semua tergantung dengan pribadinya mas” . Bagi saya semuanya ditentukan oleh sikap dan perbuatan kita dalam melangkah setiap menghadapi tantangan didepan kita, optimsme atau pesimisme.

Sebelum Anda mengenal diri Anda lebih dalam, berikut ada sajian dari vibiz yang memberikan perbedaan mereka yang beruntung dari mereka yang sial.

1. Sikap terhadap peluang.
Orang beruntung terbuka terhadap peluang. Mereka peka, pandai, dan cepat bertindak ketika peluang itu datang. Orang-orang beruntung rileks dan terbuka terhadap pengalaman-pengalaman baru. Mereka mudah berinteraksi dengan orang-orang yang baru dikenal, dan menciptakan jaringan-jaringan sosial baru. Sedangkan si sial, mudah tegang sehingga tertutup terhadap kemungkinan- kemungkinan baru.

2. Menggunakan intuisi dalam membuat keputusan.
Orang yang beruntung ternyata lebih mengandalkan intuisi. Mayoritas keputusan-keputusan penting yang dilakukan oleh orang beruntung berdasarkan bisikan “suara hati”-nya. Tapi intuisi ini akan sulit didengar jika otak kita pusing dengan penalaran yang tak berkesudahan. Bagi Anda yang berniat melatih intuisi, ada beberapa metode, misalnya melalui meditasi yang teratur. Pada kondisi mental yang tenang, dan pikiran yang jernih, intuisi akan lebih mudah diakses. Dan makin sering digunakan, intuisi Anda juga akan semakin tajam.

3. Selalu berharap kebaikan akan datang.
Orang yang beruntung ternyata selalu optimis terhadap kehidupan. Selalu berprasangka baik bahwa kebaikan akan datang kepadanya. Dengan sikap mental yang demikian, mereka lebih tahan terhadap ujian yang menimpa mereka, dan akan lebih positif dalam berinteraksi dengan orang lain. Coba saja Anda lakukan tes sendiri secara sederhana. Tanya orang sukses yang Anda kenal, bagaimana prospek bisnis ke depan. Pasti mereka akan menceritakan optimisme dan harapan.

4. Mengubah hal yang buruk menjadi baik.
Orang-orang beruntung sangat pandai menghadapi situasi buruk dan merubahnya menjadi kebaikan. Bagi mereka setiap situasi selalu ada sisi baiknya. Dalam riset Wiseman mengatakan, dalam salah satu sesi tes, ia meminta peserta untuk membayangkan sedang berada di sebuah bank yang tiba-tiba diserbu kawanan perampok bersenjata. Peserta diminta mengutarakan reaksi mereka. Orang dari kelompok sial mengatakan “wah sial benar ada di tengah-tengah perampokan begitu”. Sementara orang beruntung berkata “untung saya ada di sana, saya bisa menuliskan pengalaman saya untuk media dan dapat duit”. Apapun situasinya orang yang beruntung mampu beradaptasi dengan situasi buruk dan merubahnya menjadi keberuntungan.

Sampai di sini, terserah Anda untuk mendefinisikan siapa diri Anda. Misalkan ini terjadi anda dan menganggap diri anda salah melangkah dan merasa hisup selalu sial. Alangkah baiknya anda belajar untuk mencatat hal-hal positif atau keberuntungan yang terjadi setiap harinya.
Anda dilarang keras menuliskan kesialan Anda di buku ini. Begitu Anda bisa menuliskan satu keberuntungan, besoknya Anda akan semakin mudah dan semakin banyak mencatat keberuntungan Anda.

Dan ketika Anda melihatnya beberapa hari ke belakang, Anda akan merasa betapa beruntungnya Anda. Dan semakin Anda memikirkan betapa beruntungnya Anda, semakin banyak lagi lucky events yang datang pada Anda. Jadi, sesederhana itulah untuk menjadi si untung. Anda pun bisa beruntung asalkan hati, pikiran dan perilaku anda harus positip dan untuk tidak berkata sial. Berkatalah beruntung & bersyukur itu saja.

*Tim riser dan edukasi Jogja

Read More »»

2011-03-10

Zuppa Soup Jogja

. 2011-03-10
1 comments

Udah pada tau kan soup/sup zuppa itu kaya apa? Bagi yang udah mesti kalo lama ga makan zupa, inget itu, langsung ngiler. Apalagi saya, ingin rasanya makan sup zupa setiap hari. Kalo bisa bikin usaha sup zuppa sendiri di Jogja. Dulu pernah si coba - coba masak sama temen, tapi emang ternyata susah bener, fail mulu. Tingkat ke khas san nya terletak pada bumbu - bumbu sup nya, itu yang rumit. Kalo untuk variasi daging/isi dan roti nya sih ga susah - susah amat. Buat yang belum tau Sup Zuppa, itu penyajiannya biasanya menggunakan mangkuk kecil hampir mirim cangkir, tapi yang tahan panas (karena mangkuk itu bakal dimasukin ke oven) biar roti nya agar mengembang. Bahan utama sup nya berasal dari susu murni, setelah diolah sedemikian rupa, hampir sama sekali gak ada aroma dan rasa susunya. Rasa dasar nya menjadi asin dan gurih dengan variasi isi - isinya. Biasanya variasi daging/isi nya berupa daging ayam, sapi, bakso, sosis, udang, tuna, dll. Tergantung kreatifitas masing - masing.

Kalo di Jogja soup zuppa yang enak ada di Jakal sebelum ring road (lupa saya km brapa) tapi yang jelas kalo dari selatan kiri jalan setelah restoran Iga Bakar. Konsep nya sederhanaa banget coyy. Cuma angkringan dan di trotoar ! Tapi jangan salah, pelanggannya setiap malem rame terus dan pasti habis. Wong saya kesana jam 10 aja udah abis. Padahal mule bukanya dari jam 5 sore kalo ga salah. Zuppa ditempat ini jadi favorit ane. Karena emang taste nya luar biasa. Untuk harga bisa dibilang lumayan lah, standar zupa kalo menurut saya. Per porsi IDR 8000 - 13000, tergantung variasi isinya.

Buat kalian yang ada di jogja, khususnya para mahasiswa dan mahasiswi (biasanya demen bgt), nyesel deh kalo belum nyoba sup zuppa di Jakal ini. Pokoknya dari MM UGM ke Utara aja, sebelum ring road kiri jalan setelah Iga Bakar. Untuk sup zuppa yang laen nya selain tempat itu di Jogja, saya belum tau.

Itu sedikit review saya tentang zuppa soup khususnya di Jogja. Untuk penampakannya sup zupa jakal itu ada di atas, kebetulan pendi foto pas sebelum makan.

Read More »»

2011-03-06

Tips Rahasia Sukses UKM

. 2011-03-06
2 comments

Pembukuan atau catatan keuangan kedengaranya sepele. Padahal catatan keuangan yang rapi,jelas dan transparan, bisa meningkatkan kredibilitas usaha anda. Atau dengan kata lain catatan keuangan ekuivalen dengan kesuksesan usaha anda. Dan kesuksesan UKM berasal dari kedisiplinan membuat pembukuan.

Catatan keuangan atau pembukuan sebenarnya merupakan cermin yang menggambarkan usaha anda. Dari catatan itu, kemampuan, kemunduran, peluang tertentu dapat dibaca. Ini menjadikan catatan keuangan menjadi faktor penting dan pokok. Terutama jika anda bermaksud melebarkan usaha, mendapat kredit atau pinjaman dan terutama berurusan dengan pajak penghasilan. Jadi mulailah menyusun catatan keuangan. Untuk UKM, catatan keuangan tidak perlu rumit, buatlah yang sederhana, yang penting mampu menggambarkan cash in dan cash out serta akurasi data. Beberapa tips kiat sukses dalam berwiraswasta :

1. PROYEKSI KAS
Sebelum memulai suatu usaha, sebaiknya susun dulu proyeksi kas. Proyeksi kas ini harus masuk dalam rencana bisnis anda. Karena proyeksi ini membantu anda melihat prospek usaha tersebut. Dengan proyeksi ini, anda bisa memperkirakan hal - hal yang mungkin terjadi dan mengambil langkah - langkah antisipasi. Modal misalnya, siapkan modal lebih besar dari proyeksinya, dan siapkan modal untuk mengantisipasi kerugian untuk beberapa periode.

2. WAJIB CATAT
Jika catatan sudah siap dilakukan, inilah aturan utama ; jangan pernah lewatkan satu transaksi pun untuk dicatat. Siapkan dua buku ; buku pengeluaran dan buku pemasukan.

3. PISAHKAN
Sekecil apapun skala usaha anda, jangan pernah campur adukan keuangan pribadi dengan perusahaan. Business is Business !!

4. BUKTI TRANSAKSI
Sebisa mungkin tiap transaksi harus ada buktinya, berupa bon atau kwitansi. Simpan baik baik ! Jangan sampai hilang. Bukti - bukti ini berguna untuk perhitungan pajak (semisal usaha anda sudah stabil) Asal tahu saja petugas pajak tidak akan menganggap sah sebuah transaksi tanpa bukti! Ini contoh gampangnya ; Anda membeli mobil tanpa bukti transaksi. Petugas pajak tidak menghitung transaksi ini. Artinya, pendapatan perusahaan anda lebih besar. Pajaknya pun lebih besar. Karena biaya pembelian mobik tidak dimasukan sebagai faktor pengurang penghasilan yg akan mengurangi pajak. Got it??

5. FORM KHUSUS
Bila perlu, untuk memudahkan pencatatan transaksi bisa dibuat form - form khusus; misalnya form warna kuning untuk pengeluaran rutin, form warna biru untuk pengeluaran sesekali, dan seterusnya. BUatlah file yang teratur dan tertib agar memudahkan anda menemukannya.

6. ORANG KEPERCAYAAN
Sebelum anda memiliki akuntan yg anda percayai. Lakukan sendiri pencatatan keuangan. Atau serahkan pada orang yg memang anda percayai ; istri atau suami (bagi yang sudah berkeluarga tentunya). Dan lakukan pengecekan setiap hari.

7. MANUAL atau AUTO
Gagap teknologi? Oke, lupakan dulu software2 canggih. Lakukan secara manual. ini lebih baik daripada tida sama sekali. Tapi tentunya anda akan lebih repot berkali lipat untuk penghitungan ulang. Jadi saya sarankan jika masih gagap tekonologi, belajarlah. minimal excel.

8. RHS
Jangan beberkan catatan keuangan anda pada sembarang orang !!

Trust me, sebuah usaha bisa dilihat baik tidaknya dari catatan keuangannya. Jika usaha anda legal. catatan keuangan anda akan menunjukannya. Memang, awalnya terasa berat. Tapi bisnis yang berhasil adalah bisnis yang didasari dengan jiwa disiplin. Jadi disiplinkan diri anda!

Jangan segan untuk meminta bantuan tenaga konsultan jika memang merasa tidak mampu. Saat ini banyak tenaga konsultan independen yg bersedia membantu wirausaha kecil dan bayarannya murah. Sebaiknya anda terlibat aktif. Jadi selain pembukuan beres, tambah pintar pula. :)

Read More »»

2011-03-02

Nurdin Halid diancam dibunuh | jadi presiden AFF | kasus Mirandagate

. 2011-03-02
0 comments

Apa si maunya Nurdin Halid? Udah tau banyak pihak menyatakan suruh turun dari tahta PSSI, dan juga masyarakat Indonesia 60% lebih pasti juga setuju demikian, tapi kok masih aja ngeyel kekeh pengen mempertahankan kedudukannya. Malahan katanya minta doa restu segala dia mengajukan jadi presiden AFF. Kalo ane bilang si Go To Hell aja Loe. Dia tu bukan Cuma bikin kesel rakyat Indonesia tapi juga sebenarnya telah melecehkan DEMOKRASI. Orang presiden aja takluk sama suara rakyat, eh dia Cuma orang tua bobrok mental mantan pidana pula, gak mau mundur dari kursinya.

Eh, barusan hari ini liat TV ga? Katanya Si Nurdin dalam sidang/rapat nya bersama anggota DPR dll, dia mendapat SMS ancaman dia akan dibunuh ditembak (jika membuka rahasia) dan keluarganya akan diculik. Serta saudara2nya juga diancam. Rahasia nya entah apa saya kurang tau, tapi yang jelas dia bilang “Jika saya mendapat jaminan keamanan dan hukum, apapun akan saya buka, hubungan PSSI dengan menteri akan saya buka, hubungan dengan perwira – perwira tinggi POLRI akan saya buka”. Menurut kabar juga Nurdin diduga menerima suap kasus pemilihan Miranda Goultom, mantan gubernur BI, atau biasa kita sebut kasus MirandaGate. Sebesar 500 juta. Tudingan ini disuarakan oleh ICW.

Sepertinya sayap Nurdin sudah semakin hebat di kancah politik NKRI. Sampai nyenggol ke kasus MirandaGate, kasus dugaan manipulasi pertandingan untuk perjudian besar, kasus KKN tidak diloloskannya Arifin dan George dalam pemilihan ketua PSSI baru, dll.

Ternyata Oh... Indonesia, pemerintahan kacau sampai nyrempet – nyrempet ke sepakbola. Kadang pendi berpikir, kenapa gak menerapkan saja hukum mati untuk para koruptor di Indonesia? Memang sangar kelihatannya, tapi itu saya yakin cara tepat guna efektif dan efisien. :) Ya walaupun pastinya banyak kontra, terutama disuarakan oleh kubu-kubu HAM.

Pahit oh memang pahit para pemimpin Indonesia, kenapa sepakbola Indonesia yang jadi korbannya? Padahal kami sudah menaruh hati yang besar pada persepakbolaan Indonesia. Berharap nantinya PERSIB bisa menyewa Cristiano Ronaldo (kan kek nya keren tuh duet ama Cristiano Gonzales) :) PERSIJA bisa menyewa Lionel Messi. PERSIPURA bisa mencomot Drogba. dan laen laen (ngarep) Tapi apa daya, ujung2nya palingan cuma Safee.

Seperti kata bude saya
MAU BERWIBAWA??? Perbaiki dulu sikap kamu dan karaktermu.
MAU JADI ORANG SUKSES ?? Bersikaplah jujur pada diri sendiri dan orang laen serta manajemen hidup yang tegas.

Kudunya pak Nurdin ngobrol dulu sama bude saya. :D

Read More »»

2011-03-01

Beda Current ratio dengan LDR dan LDR bank umum vs LDR BPR

. 2011-03-01
0 comments

Bedanya current dengan LDR adalah jika current membandingkan antara aset lancar dengan hutang lancar, sedangkan LDR adalah Kredit yg diberikan dibagi dengan (DPK + modal inti + KLBI).

Jika dilihat dalam laporan keuangan, dua rasio tersebut sama2 membandingan antara aktiva (pembilang) dengan passiva (penyebut). Namun jika diinterpretasikan maka berbeda. Jika Current rasio semakin besar prosentase nya maka likuiditas smakin baik, dan jika LDR semakin besar prosentasenya maka justru smakin rawan likuiditasnya atau semakin jelek. Karena faktor pembentuk LDR yakni kredit yg diberikan, walaupun termasuk asset, tetapi tidak bisa dijadikan sebagai aset lancar. Karena kredit yg diberikan merupakan pinjaman yg diberikan kepada nasabah yg meminjam uang dari bank (dianggap sbg piutang oleh bank) dan memiliki jangka waktu pengembalian tertentu. Sehingga jika semakin besar kredit yg diberikan maka resiko kredit atau kita sebut Kredit Macet, akan semakin besar (jumlah krdit yg diberikan ekuivalen dengan resiko krdit). Jika resiko kredit semakin besar maka tentu akan mengganggu likuiditas perbankan. Selain itu, kredit yang diberikan berasal dari kas bank, Dan kas merupakan aset lancar yang paling likuid. Sehingga jika terlalu banyak pinjaman yang diberikan maka tentunya mengganggu likuiditas.

PERBEDAAN LDR UMUM DENGAN LDR BPR. Sebenarnya hanya terletak dari faktor pembentuknya saja. Dimana simpanan masyarakat untuk bank umum terdiri dari tabungan, deposito dan giro. Sedangkan untuk LDR BPR tidak memasukan faktor giro, karena BPR memang tidak diperbolehkan menerima simpanan berupa giro. Dan BPR tidak memasukan pula unsur KLBI sebagai faktor penyebut dalam perhitungan LDR. Karena Kriteria bank umum yang layak menyimpan dana pemerintah (KLBI), salah satunya adalah bank yang bersangkutan harus memiliki jaminan berupa Surat Utang Negara (SUN) atau SBI.

Yang jadi pertanyaan saya adalah kenapa KLBI (Kredit Likuiditas Bank Indonesia) tidak ditujukan kepada BPR ? padahal kan justru BPR lah yang lebih mampu merambah masyarakat pedalaman, contohnya BPR BKK. Jika alasanya hanya karena tidak memiliki SUN saja, menurut saya pribadi pemerintah berarti pilih kasih dan kurang percaya terhadap kemampuan BPR.

Read More »»
 

Chat

{nama-blog-anda} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com