share about tips


2009-08-16

Jenis Makanan Peningkat Daya Ingat

. 2009-08-16

Berhubung topik blog pendi yang berjudul otak untuk belajar, menulis dan membaca bersama serta berbagi tips dan informasi, juga untuk melengkapi postingan sebelumnya yang berjudul Tips trik meningkatkan daya ingat. Kali ini saya akan melengkapi postingan tersebut yakni Jenis Makanan Peningkat Daya Ingat. Karena menurut saya, tips yang paling mudah diterapkan dan mendasar adalah dengan asupan gizi yang benar untuk otak kita agar tetap bugar.

Inilah hasil rangkuman Setelah mengumpulkan informasi sana sini di om google.

Berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan berkaitan dengan nutrisi untuk otak :

1. Protein

protein dibutuhkan untuk membuat senyawa kimia neutrotransmiter pada otak anda berfungsi secara optimal. Kendati protein tidak bisa diubah langsung menjadi glukosa sebagai bahan energi, protein diurai di pencernaan menjadi asam amino, yang merupakan bahan dasar neurotransmitter. Hal ini anda tidak berarti harus makan banyak protein atau protein dapat membuat anda jadi lebih pintar, namun tanpa protein fungsi mental anda akan menurun.

2. Karbohidrat


Dalam sebuah penelitian di MIT, peneliti memberikan kepada 40 pria usia 18 hingga 28 tahun makan siang berupa daging ayam kalkun (mengandung 3 ons protein) Setelah itu mereka diminta melakukan penelitian berpikir yang cukup rumit. Pada hari yang lain, mereka diberikan makanan yang terbuat dari empat ons gandum-hampir karbohidrat murni-dan diminta melakukan pekerjaan serupa. Para peneliti tidak terkejut, peserta tes menunjukan pengurangan kinerja mental setelah menemukan makanan berkabohidrat.

Dari hasil penelitian ini bukan berarti anda menghentikan sama sekali asupan karbohidrat untuk tubuh, apalagi kita orang Indonesia, kan tidak mungkin jika tidak makan nasi. Karena makanan berkabohidrat memiliki efek positif yang berbeda bagi tubuh . Makanan berkarbohidrat sangat baik jika anda ingin santai, relaks, dan dapat meredakan stress.

Anda dapat menyiasati agar karbohidrat tidak anda coret dalam daftar menu makanan anda : anda boleh makan makanan berkarbohidrat pada pagi hari seperti nasi, tapi pada siang hari sebaiknya anda makan makanan berprotein tinggi seperti ikan atau ayam untuk menjaga kewaspadaan mental anda.

3. Lemak

Lemak terbagi menjadi dua yakni lemak jahat dan lemak baik. Dalam meneliti efek makanan berlemak dalam pembelajaran, Dr. Carol Greenwod, profesor gizi daari Univ Toronto, Kanada dan rekan rekannya membandingkan tiga kelompok hewan yang diberi makan tiga jenis makanan berbeda. Kelompok pertama makanan nya kaya akan lemak tak jenuh dari minyak kedelai; kelompok kedua makanannya kaya akan minyak jenuh dan lemak babi; dan kelompok ketiga makan makanan standar dan berfungsi sebagai kelompok kontrol. Para peneliti menguji kemampuan hewan untuk belajar 21 hari setelah pembagian jenis makanan dimulai dan menemukan bahwa hewan yang makan lemak tak jenuh dari minyak kedelai tidak hanya belajar 20% lebih cepat, namun juga tidak mudah melupakan apa yang mereka pelajari.

Artinya yang diperlukan otak adalah mengonsumsi lemak tak jenuh secara seimbang seperti lemak yang ditemukan dalam bunga matahari, jagung, minyak zaitun, atau minyak kedelai dan pada makanan seperti avokad, kacang dan ikan.

Megapa mengonsumsi makanan lemak tinggi tidak baik untuk kesehatan?
  • Menguraikan lemak merupakan kerja keras bagi tubuh dan membutuhkan waktu lebih lama daripada zat gizi lainnya.
  • Untuk melakukan metabolisme lemak, darah dialrkan dari organ lain ke pencernaan sehingga aliran darah ke otak menjadi berkurang , dan ini menjelaskan mengapa menjadikan penurunan konsetrasi.
  • Makanan berlemak tinggi dpat menyebabkan peningkatan risiko penyakit - penyakit fatal, seperti jantung, stroke, kanker dan juga memperlambat proses berpikir.
4. Kafein

Meskipun kopi merupakan simultan otak, kopi juga mengurangi aliran darah ke otak. Inilah sebabnya kafein digunakan untuk terapi migrain karena kopi membantu menyempitkan pembuluh darah yang terlalu berkembang di otak. Tidak ada keraguan bahwa minuman berkafein meningkatkan kewaspadaan mental yang mampu bertahan hingga enam jam. Namun, bagaimanapun juga konsumsi yang tidak berlebnihan merupakan jalan terbaik.

5. Gula

Kombinasi yang seimbang antara glukosa (terdapat dalam biskuit atau keripik) dan fruktosa (buah buahan) sangat dibutuhkan oleh otak karena dapat melewati penghalang darah dalam otak.

6. Suplemen Makanan

Dalam dunia yang sempurna, suplemen tidak akan dibutuhkan. Kita semua akan makan makanan alami yaitu makanan organik yang tidak mengalami proses penambahan zat pengawet dan tercemar polusi. Namun, makanan pada saat ini lebih bergantung pada makanan cepat saji (fast food) dengan proses teknologi tinggi dan lingkungan disekitar kita banyak tercemar oleh berbagai zat polusi, asupan nutrisi rata - rata orang berkurang secara signifikan. Memperkaya makanan anda dengan suplemen gizi akan membantu Anda mendapatkan nutrisi optimal. Sebagian orang melaporkan peningkatan energi dan konsentrasi pikiran setelah mengkonsumsi suplemen. Mereka juga menemukan bahwa tingkat kewaspadaan mental tersebut dapat dipertahankan lebih lama meskipyun waktu tidur dikurangi. Hal ini disesuaikan dengan keinginan untuk mengikuti dan berpacu dalam kemajuan zaman.

7. Vitamin dan mineral pembangun Otak

Vitamin mempunyai peranan kunci dalam metabolisme otak. Banyak penelitian menunjukan bahwa kekurangan vitamin merupakan masalah umum dikalanganmereka yang menderita penyakit mental dan manula. Kekurangan vitamin dalam taraf ringan pun dapat menyebabkan depresi dan gangguan semangat.
  • Vitamin A merupakan anti oksidan yang penting dan diperlukan untuk pengembangan sistem saraf pada embrio.
  • Vitamin B apabila tidak dikonsumsi secara mencukupi dapat menyebabkan depresi, penurunan intelektualitas, dan bahkan penyakit jiwa. Vitamin B penting untuk fungsi mental karena berfungsi sebagai katalis agar reaksi kimia dalam sel otak dapat terjadi. Kekurangan vitamin B kompleks, terutama B-1, B-3, dan B-12 dapat menurunkan kinerja ingatan.
  • Vitamin C membantu otak anda menyerap protein untuk membentuk neurotransmitter yang menjadi bagian integral dalam proses berpikir dan mengingat. Semakin rendah kadar vitamin C dalam darah, semakin buruk skor peserta tes dalam kemampuan ingatan jangka pendek dan kemampuan memecahkan masalah.
  • Vitamin E penting untuk menyuplai oksigen pada otot dan melindungi otak dari efek merusak radikal bebas dan proses penuaan . Penelitian terdahulu menunjukan vitamin E dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.
Menurut penelitian, setidaknya ada tiga mineral yang berperan penting dalam fungsi memori, yaitu boron, seng dan magnesium. Sebagai tambahan, mangan, besi, kalsium, tembaga dan selenium pada beberapa kasus juga mempengaruhi kemampuan belajar.

8. Asam Amino

Dalam tubuh manusia ada 20 jenis asam amino yang memebentuk protein ; 12 diantaranya dapat diproduksi tubuh dan dikenal sebagai asam amino non-esensisal, sementara 8 asam amino lain yang merupakan asam amino esesnsial harus didapatkan dari makanan (suplemen). Berikut ini 3 asam amino yang penting untuk dikonsumsi :
9. Ginko Biloba

Merupakan tumbuhan tertua yang diketahui manusia, yang dapat meningkatkan ingatan pada orang dewasa sehat dan mengembalikan fungsi ingatan pada pasien dengan gangguan otak kronis. Diminum dalam bentuk ekstrak dan sekarang ada juga yang telah berbentuk tablet yang dapat mudah dibeli. Ini dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang berarti lebih banyak nutrisi dan oksigen yang dipasok ke otak sehingga kemampuannya meningkat.

5 comments:

butiku palace said...

beanr sekali sobat apalagi ttg pernyataan sobat ini

" # Vitamin A merupakan anti oksidan yang penting dan diperlukan untuk pengembangan sistem saraf pada embrio.
# Vitamin B apabila tidak dikonsumsi secara mencukupi dapat menyebabkan depresi, penurunan intelektualitas, dan bahkan penyakit jiwa. Vitamin B penting untuk fungsi mental karena berfungsi sebagai katalis agar reaksi kimia dalam sel otak dapat terjadi. Kekurangan vitamin B kompleks, terutama B-1, B-3, dan B-12 dapat menurunkan kinerja ingatan.
# Vitamin C membantu otak anda menyerap protein untuk membentuk neurotransmitter yang menjadi bagian integral dalam proses berpikir dan mengingat. Semakin rendah kadar vitamin C dalam darah, semakin buruk skor peserta tes dalam kemampuan ingatan jangka pendek dan kemampuan memecahkan masalah.
# Vitamin E penting untuk menyuplai oksigen pada otot dan melindungi otak dari efek merusak radikal bebas dan proses penuaan "

KREREN ,..

MERDEKA NEGERIKU,...

PEACE INDONESIAKU,..

J4m-K3nG said...

thx infonya :)

nusantaranews said...

Harus sering-sering latihan juga untuk meningkat daya ingat....:)

adik said...

Aku suka informasinya.
Makasih... :)]

Anonymous said...

trims info makanannya. bermanfaat memang untuk meningkatkan daya ingat, kalau aku biasanya makan yang ini http://goo.gl/bc1eRB

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Chat

{nama-blog-anda} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com