share about tips


2009-08-24

Tips Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa

. 2009-08-24

Oke, berhubung sekarang lagi bulan Ramadhan dan waktunya kaum muslim menunaikan ibadah puasa. Pendi punya satu informasi/tips berguna buat kalian yang berpuasa, khususnya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran anda. Ketika berpuasa tentu saja asupan energi dari makanan berkurang karena kita tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Tetapi aktivitas yang kita lakukan masih sama dengan ketika kita tidak berpuasa. Belum lagi ditambah cuaca yang lagi bener-bener gak stabil, panas - dingin, hujan - kemarau sudah tidak jelas jadwalnya. Maka dari itu, perlu sangat diperhatikannya masalah asupan gizi untuk energi dan kestabilan tubuh kita. Jangan sampai tidak seimbang antara input dengan output. Ntar bukannya berpuasa untuk kesehatan tapi malah sakit. Jadi gak puasa donk, gak dapet pahala brarti. repot dah... T_T
Baiklah, gak perlu kebanyakan nulis yang gak perlu. Semangat pokoknya kalo masalah makanan. To the point langsung saja... Check it out!!

1. Makan Sahur
Satu hal yang sebenarnya paling penting walaupun ini sunnah. Saya yakin pasti beberapa diantara kalian meremehkan hal ini, alias mengabaikan untuk sahur karena mungkin terlalu malas beranjak dari tempat tidur. Ini nih problem utama yang bisa menimbulkan kondisi badan down yang ujungnya sakit saat puasa. Supaya tetap segar dalam sehari sampai berbuka, menu makan sahur sebaiknya adalah makanan yang mudah dicerna dan Tinggi Kalori Tinggi Protein. Menu sahur tersebut, diperkirakan cukup untuk energi 12 jam. Adapun sisa dua jam diperoleh dari cadangan gula yang disimpan di hati, lemak dan otot. Juga diusahakan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi.

2. Pilihlah makanan yang tepat saat berbuka puasa
Menu yang dipilih pada saat berbuka sebaiknya terdiri dari makanan pembuka berupa minuman atau makanan manis, seperti kolak pisang, kurma atau teh manis. (kalo pendi bisanya ditambah senyuman manisnya Mamah ^_^ )
Karena Makanan manis mengandung karbohidrat sederhana yang akan mudah diserap dan segera menaikkan kadar gula darah. Setelah shalat magrib kemudian dilanjutkan dengan makan makanan pelengkap seperti nasi atau pengganti nasi, lauk-pauk, sayuran dan buah.

3. Jangan langsung makan dan minum minuman dingin yang mengandung es
Hindarilah langsung mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin yang mengandung es saat buka puasa. Sebaiknya, biasakan berbuka dengan minuman yang hangat. Perut yang kosong bisa menjadi kembung, bila langsung berbuka puasa dengan air dingin. Usahakan jumlah cairan yang masuk mencukupi (1-2 liter) sehingga tidak mengalami dehidrasi (kekurangan cairan). Dan jangan lupa berdoa terlebih dahulu sebelum minum untuk membatalkan puasa, karena Air itu Hidup !
Khasiatnya akan lebih baik setelah didoakan, karena strukturnya berubah menjadi berbentuk kristal. Believe or not?! You must believe ! hehe... Bisa anda baca pada postingan saya sebelumnya.

4. Konsumsi Vitamin
Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C. Bila perlu ditambah dengan suplemen multivitamin jika buah-buahan dan sayuran kurang mencukupi untuk dikonsumsi. Ini fitur tambahan buat menjaga kesehatan agar lebih optimal.

5. Olahraga kecil
Jangan tinggalkan olahraga. Menjalankan puasa bukan berarti berhenti total berolahraga untuk bermalas malasan dan tidur siang terlalu lama. Justru aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo. Namun untuk yang satu ini, pilihlah olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki, fitnes ringan juga pilihan yang tepat. Sekalian ngabuburit. Semoga tips kecil ini berguna bagi Anda.

Sebagian informasi diambil dari www.konsultasikesehatan.net


Lihat juga artikel mengenai jenis makanan peningkat daya ingat : ......................

9 comments:

Anonymous said...

makasih mas atas tips singkat nya.

hill said...

thnxs tipsnya :) selamat menunaikan ibadah puasa

pendi said...

yup... sama2. thank jg dh komen ^_^

Daniel DPK said...

Nice info..smoga bisa membantu kita menunaikan ibadah puasa....:D

http://main-conspiracies.blogspot.com/2009/08/jews-who-dominate-computer-world.html

shevy said...

wahhh, baru tau,, pentesan lapar teruss..

Kocak said...

Mantab broo tips tipsnya.. :)

Selamat Hari Raya Idul Fitri said...

Telat nih.. ramadonnya dah au berakhir... selamat hari raya idul fitri 1430 H, maaf lahir dan batin

All Information About Health and Insurance said...

Makasih infonya :)

Jaisy01 said...

Wah, ini yang dicari-cari oleh umat Islam. Menjaga kesehatan saat berpuasa. Dengan ini semuga saya bisa menjaga kondisi dalam berpuasa nanti.

Salam kenal
Cara Mendapatkan Uang

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Chat

{nama-blog-anda} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com