share about tips


2011-03-10

Zuppa Soup Jogja

. 2011-03-10

Udah pada tau kan soup/sup zuppa itu kaya apa? Bagi yang udah mesti kalo lama ga makan zupa, inget itu, langsung ngiler. Apalagi saya, ingin rasanya makan sup zupa setiap hari. Kalo bisa bikin usaha sup zuppa sendiri di Jogja. Dulu pernah si coba - coba masak sama temen, tapi emang ternyata susah bener, fail mulu. Tingkat ke khas san nya terletak pada bumbu - bumbu sup nya, itu yang rumit. Kalo untuk variasi daging/isi dan roti nya sih ga susah - susah amat. Buat yang belum tau Sup Zuppa, itu penyajiannya biasanya menggunakan mangkuk kecil hampir mirim cangkir, tapi yang tahan panas (karena mangkuk itu bakal dimasukin ke oven) biar roti nya agar mengembang. Bahan utama sup nya berasal dari susu murni, setelah diolah sedemikian rupa, hampir sama sekali gak ada aroma dan rasa susunya. Rasa dasar nya menjadi asin dan gurih dengan variasi isi - isinya. Biasanya variasi daging/isi nya berupa daging ayam, sapi, bakso, sosis, udang, tuna, dll. Tergantung kreatifitas masing - masing.

Kalo di Jogja soup zuppa yang enak ada di Jakal sebelum ring road (lupa saya km brapa) tapi yang jelas kalo dari selatan kiri jalan setelah restoran Iga Bakar. Konsep nya sederhanaa banget coyy. Cuma angkringan dan di trotoar ! Tapi jangan salah, pelanggannya setiap malem rame terus dan pasti habis. Wong saya kesana jam 10 aja udah abis. Padahal mule bukanya dari jam 5 sore kalo ga salah. Zuppa ditempat ini jadi favorit ane. Karena emang taste nya luar biasa. Untuk harga bisa dibilang lumayan lah, standar zupa kalo menurut saya. Per porsi IDR 8000 - 13000, tergantung variasi isinya.

Buat kalian yang ada di jogja, khususnya para mahasiswa dan mahasiswi (biasanya demen bgt), nyesel deh kalo belum nyoba sup zuppa di Jakal ini. Pokoknya dari MM UGM ke Utara aja, sebelum ring road kiri jalan setelah Iga Bakar. Untuk sup zuppa yang laen nya selain tempat itu di Jogja, saya belum tau.

Itu sedikit review saya tentang zuppa soup khususnya di Jogja. Untuk penampakannya sup zupa jakal itu ada di atas, kebetulan pendi foto pas sebelum makan.

1 comments:

Anonymous said...

dimana yaa hmmm kosanku jakal masalahnya tp belum pernah liat

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
Health Blogs - Blog Catalog Blog Directory

Chat

{nama-blog-anda} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com