share about tips


2009-11-13

Dampak Negatif dari Sikap Negatif

. 2009-11-13

Hidup setidaknya ada 2 sisi, hitam-putih, baik-buruk, positif-negatif, atau apalah kiasan yang lainnya. Disempitkan lagi pembahasannya untuk manusia, setiap personal pada umumnya punya dua pola pikir yakni positif-negatif. Setiap pola pikir dari otak anda tersebut menciptakan sebuah sikap dari setiap pribadi manusia. Kali ini saya ingin menjelaskan efek dari suatu pikiran yang negatif.
Setidaknya ada enam hal yang dapat ditimbulkan oleh pikiran - pikiran negatif yang berlarut - larut :

1. Pikiran negatif menimbulkan kebimbangan saat hendak membuat suatu keputusan penting.

Bila seseorang selalu mencari dan menganggap semua yang ditemukan dalam hidupnya buruk, maka hal ini akan menjadi kebiasaan ang sukar dihilangkan. Pada saat suatu peluang yang baik muncul, orang ini tidak akan dapat melihatnya.

2. Pikiran negatif dapat menular

Ada peribahasa yang mengatakan : "Bird of the feather flock together" (burung - burung yang sama bulunya selalu bergerombol bersama). Peribahasa ini memang benar. Anda bahkan dapat melihat hal yang lebih menyolok pada manusia dibanding hewan. Manusia mudah berubah dan akan menjadi sama setelah mereka sering berhubugan. Hal ini jika dibiarkan akan menjadi virus lingkungan mental yang berbahaya.

3. Pikiran negatif dapat membuat kita bertindak secara membabi buta

Mungkin Anda pernah melihat orang - orang yang melakukan sesuatu secara berlebihan. Misalnya jika ada atap rumah yang bocor sedikit saja, mereka melihatnya seakan akan rumah mereka diserang badai (lebay). Bagi mereka kehidupan ini hanya dipenuhi kemalangan dan kesengsaraan.

4. Pikiran negatif membuat putus asa

"Bila tidak punya harapan dimasa mendatang maka tidak mungkin ada kekuatan dimasa sekarang". Pikiran negatif dapat merusak dan memutuskan harapan. Hal ini akan berlangsung secara perlahan - lahan, namun kian lama akan menghilangkan semangat orang tersebut.

5. Pikiran negatif daoat mempersempit batas kemampuan kita

Orang - orang yang berpikiran negatif selalu menganggap bahwa hal - hal terburuk bukan berasal dari eksternal saja, tetapi pada diri mereka sendiri. Dan hal buruk yang mereka pikirkan berasal dari dalam diri mereka lebih dominan dibanding bukan dari diri mereka, maka dia akan menjadi orang yang pesimis, mengharapkan hasil yang sedikit, sehingga memang akhirnya mereka hanya mendapatkan hasil yang sedikit.

6. Pikiran negatif membuat kita sulit menikmati hidup.

Orang - orang yang berpikir negatif akan selalu merasa hidupnya selalu merana. Betapa malangnya. Mereka lalai disaat sekarang sehingga mendapat kekecewaan dimasa mendatang. Sehingga hal ini akan berkelanjutan terus dan hidupnya benar - benar tidak akan pernah merasa bahagia.

Apakah termasuk orang yang takut mengambil resiko karena analisis negatif yang muncul tidak bisa dikalahkan dengan positif thinking Anda? Sudah jelas kan, sekarang semua tergantung pada sobat sekalian ingin memilih yang mana.

2 comments:

Blackberry Application said...

artikel yang bagus bro, baca-baca disini, :x

raden felix said...

nice info, gan...
Ijin nyimak dulu ahh,, :p

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Chat

{nama-blog-anda} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com