share about tips


2011-01-04

Fenomena alam Halo di jogja 4 Januari 2011

. 2011-01-04

4 Januari 2011 Di Yogyakarta / Jogja terjadi fenomena alam yang bisa dibilang tidak biasa untuk orang - orang sekitar Jogja. Penampakan pelangi mirip cincin yang mengitari Matahari tersebut terjadi pada pukul sekitar 11.00 am sampai 11.30. Fenomena ini dalam ilmiah biasa disebut Halo. Hal ini wajar terjadi yang merupakan pembelokan cahaya matahari dari partikel uap air di atmosfir. Jadi pada saat musim hujan yang intensitas curah hujannya tiggi, uap air pada saat cerah menguap begitu tinggi dengan jumlah besar sampai ke atmosfer sehingga memiliki kemampuan membentuk pembiasan yang jika kita melihatnya akan terbentuk pelangi disekeliling matahari.

Hal seperti ini tidak akan terjadi jika curah hujan rendah, atau hanya akan terjadi pada saat musim hujan saja. Dan halo ini sebenarnya bukan sesuatu yang jarang terjadi melainkan sering terjadi pada musim hujan dikala siang harinya benar - benar cerah. Fenomena ini jelas tidak berbahaya seperti hal nya Gerhana Matahari, asalkan jika kita melihat langsung Halo ini dengan mata telanjang jangan lebih dari 3 detik.

Sayangnya orang Indonesia masih menganggap hal ini adalah sesuatu yang ada sangkut pautnya terhadap 'pertanda'. Pertanda apakah? Bisa dibilang seperti hal nya pertanda akan terjadi bencana besar. Karena dulu sempat terjadi ada fenomena unik juga di awan sbelum terjadinya gempa besar di Jogja yang berpusat di Bantul. Itu kata mereka si, aku dewe yo jane ra ndelok. :) Dan lebih miris nya lagi tadi tetangga pas melihat fenomena alam tersebut (halo), saya sempet nguping gak sengaja, dia mengkonotasikan bahwa pelangi halo tersebut merupakan 'Mata' dari sesuatu yang 'halus', sebut saja dari alam lain. hahaha... Dan itu adalah pertanda akan terjadi malapetaka di daerah sekitar Jogja. Kejawen banget ya? Ya biarlah mereka mau berasumsi seperti apa, yang penting kita mengerti bahwa itu adalah fenomena alam yang dicptakan oleh Allah SWT.

Ada sedikit pesan Allah dalam surat Asy-Syams ayat 1 – 10 perihal fenomena tentang Matahari agar kita senantiasa selalu mengingat KeagunganNya :

1. Demi matahari dan cahayanya di pagi hari,
2. Demi bulan ketika mengiringinya,
3. Demi siang ketika menampakkannya,
4. Demi malam ketika menutupinya,
5. Demi langit dan (Allah) yang membangunnya,
6. Demi bumi dan (Allah) yang menghamparkannya,
7. Demi jiwa dan (Allah) yang menyempurnakannya,
8. Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa kefasikan dan ketakwaan,
9. Sesungguhnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu,
10. dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya,

Beberapa gambar fenomena Halo di Jogja :







Masih banyak gambar - gambar lainnya, silahkan googling sendiri :)

Untuk video nya :

1 comments:

Ani Mahmudah said...

terimakasih infonya :)

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Chat

{nama-blog-anda} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com