share about tips


2011-01-08

Tips Jitu Mengantisipasi Harga Cabe Dan BBM Naik

. 2011-01-08

Gila, harga cabe sekarang naik lagi. Sedikit demi sedikit bukannya turun tapi malah naik terus. Dari sebelumnya per kg Rp 50.000 tapi sekarang sudah ada yang sampai Rp 150.000 per kg di daerah tertentu !! Krisis ini terjadi di Jawa karena kurangnya pasokan cabe atau defisit. Para petani di Jawa memang lagi kecil panennya, dan pasokan dari luar Jawa pun tidak banyak. Sedangkan di daerah luar Jawa seperti Sulawesi justru mengalami surplus cabe, yang artinya harganya disana justru jauh lebih murah. Inilah yang menjadi salah satu penyebab naiknya cabe. Distribusi yang tidak merata. Pemerintah bilang tidak bisa berkuti? Itu salah, justru peranan pemerintahlah disini yang mampu dan memiliki kekuatan untuk membagi rata pendistribusian cabe.

Kenaikan harga cabai ini sudah mencapai 100% lebih. Wooww! Beberapa daerah harga cabe ini masih naik turun, ibarat kek mau beli emas saja. Ya mending kalo bisa ditimbun lama terus dijual lagi, nyatanya kan cepet bosok. Awal tahun 2011 kok malah disambut dengan kenaikan harga bahan makanan pokok seperti ini, apa memang musimnya lagi gak karu karuan terus produksi cabe menurun drastis? Ya mungkin saja itu salah satunya. Yang jelas perkara ini amat mencekik para pedagang kecil yang berwirausaha dibidang kuliner dimana cabe/lombok menjadi bahan masakan utama. Ya seperti saya ini. T_T

Gara - gara harga lombok naik, harga saos pun juga ikut terbang. Padahal saya jualan spaghetti dimana saos dan cabe jadi bahan utamanya. Bingung juga, dikala banyak usul dari beberapa temen kalo harga jualan saya harus diturunin. Emang si rencana harga jualan saya mau diturunin dari jauhari kemarin, tapi perlu dikoreksi kembali estimasi perhitungan cost bahan bakunya dan penentuan harga jual. Kemudian untuk pedagang lainnya, yang hanya mengambil untung sedikit dari jualannya, apakah harga jualannya mau diturunkan? Gimana menurut anda? Satu sisi anda tidak mau kan jumlah omset alias pembeli anda menurun karena harga naik. Tapi disisi lain jika harga tetap, anda kemungkinan akan rugi atau untung sedikit sekali.

Saya khawatir dengan keadaan seperti ini, cabai naik terus dan masih labil, akan terjadi inflasi di awal tahun 2011 di Indonesia. Pasalnya hal ini langsung berpengaruh kepada sektor riil terlebih untuk para pedagang. Saya yakin jika dibiarkan kondisi seperti ini, akan berpengaruh kepada bahan baku/sembako dan barang kebutuhan yang lain.

Terlebih pada kondisi global sekarang sedang terjadi peningatan harga minyak dunia. Untuk gambarannya saja pada per­dagangan terakhir, harga minyak ada pada posisi 90 dolar AS per barel. Sedangkan dalam APBN 2011 pemerintah me­matok harga minyak 80 dolar AS per barel. Dikutip dari situs berita RakyatMerdeka "Menurut Hatta, dalam Undang-undang APBN pemerintah di­berikan kewenangan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, jika harga minyak dunia terus melambung. Meski begitu, pemerintah belum akan mengambil keputusan un­tuk menaikkan harga BBM"

Nah lo.. udah pada siap lum yang mahasiswa kalo bensin juga bakal naik lagi diiringi inflasi???

Tips jitu dari PENDI bagi MAHASISWA untuk mengantisipasi berbagai kenaikan harga :

1. Berbaiklah dan berbakti kepada orang tua
2. Sering - sering sms dulu atau telpon buat tanya kabar
3. Jadilah anak yang menurut apa kata orang tua
4. Kuliah yang rajin kerjar IPK cumLaude biar orang rumah seneng

Kenapa??

Biar uang sakunya bisa ditambah :D
hehehe

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Chat

{nama-blog-anda} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com