share about tips


2009-07-11

Kuping kanan lebih baik mendengar daripada kuping kiri

. 2009-07-11

Baru kemaren lagi browsing - browsing terus masuk forum tanya jawab yahoo ada yang menarik juga buat sharing ke temen - temen blogger. Karena banyak dari kita sekarang mengabaikan sesuatu yang kecil, padahal mungkin saja akibatnya bisa fatal. Kali ini saya ingin menginformasikan satu fakta lagi bahwa ternyata kuping kanan lebih baik dan sensitif dalam menangkap informasi.

Para peneliti mengatakan jika anda ingin seseorang berbuat sesuatu, mintalah lewat telinga kanan. Para peneliti Italia menemukan bahwa orang lebih bagus memproses informasi jika permintaan diajukan lewat kuping kanan dalam tiga kali uji coba terpisah.

Mereka meyakini hal itu disebabkan karena sisi kiri otak, yang memang lebih baik dalam memproses permintaan, menerima informasi dari kuping kanan. Penemuan ini dilaporkan dalam jurnal online Naturwissenschaffen.

Dalam penelitian pertama,
286 pengunjung klub dansa diamati saat berbincang sementara musik keras dimainkan. Secara keseluruhan 72 persen interaksi terjadi di sisi kanan pendengaran.

Dalam penelitian kedua, peneliti mendekati 160 pengunjung klub musik, membisikkan kata-kata yang tak bermakna dan menunggu sampel menolehkan kepala untuk menawarkan kuping kiri atau kanan.
Secara keseluruhan 58% menawarkan kuping kanan kepada peneliti dan 42% menawarkan kuping kiri.

Dalam penelitian ketiga, para peneliti dengan sengaja berbicara ke 176 pengunjung klub musik lewat kuping kanan atau kuping kiri saat meminta rokok. Para peneliti yang berbicara ke kuping kanan mendapat lebih banyak rokok dari sebaliknya.

Otak

Para peneliti berkesimpulan: “Berbicara ke kuping kanan berarti anda mengirim kata-kata ke bagian otak yang agak lebih sensitif. “Kesimpulan ini tampaknya sejalan dengan hipotes mengenai spesialisasi bagian otak kanan dan kiri.”

Professor Shopie Scott dari Institut Ilmu syaraf Cognitif di Universitas College London sepakat dengan kesimpulan itu. “Sebagian besar orang memproses perkataan dan bahasa di bagian kiri otak dan meski tidak selalu begitu, yang terjadi di telinga kanan diproses oleh sisi kiri otak.

“Sisi lain otak lebih terlibat dalam kegiatan seperti menterjemahkan esmosi dan itu sebabnya ada penemuan seperti itu.

“Kita juga bisa melihat kencenderungan ini saat orang mempergunakan telepon, sebagian besar secara alami akan menempelkan alat itu di telinga kanan.”

So, my suggestion when u see movie in theatre with ur boy/girlfriend. You should sit in his/her right side, jadi kalo kamu minta sesuatu kemungkinan besar bakalan dapet. hehe,,

8 comments:

Suara Petualang said...

wah....info nya OK punya tuh...
bersyukurlah kita masih punya telinga yang berfungsi dengan baik...

Wahyu firmanto said...

Tapi otak kanan kayaknya berhubungannyadgn kuping kiri..

pendi said...

Seluruh bagian tubuh kita sebelah kanan itu tugas otak sbelah kiri. Bgitu jg sbaliknya, tubuh sbelah kiri dikerjakan otak kanan.

Kifni said...

infonya bagus....tapi kahirnya kok malah ke bioskop..he..he...
____________________________________________
kiye bloge kifni|free software & computer tips|ayo belajar java

sosial seni budaya bisnis said...

trims infonya ..sangat bermanfaat deh sob..

vanindita said...

thks infonya salam kenal

www.gzon.us mencari pemilik said...

artikel yg manarik mas...
slm kenal yah..

Abigail Gonzalez said...
This comment has been removed by the author.
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Chat

{nama-blog-anda} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com